Diskusi 6 Organisasi
Menurut Saudara mahasiswa apa persamaan birokrasi dengan formalisasi dalam kaitannya dengan tenaga profesional.
Persamaan birokrasi dengan formalisasi dalam kaitannya dengan tenaga profesional
Birokrasi maupun formalisasi tidak sesuai digunakan dalam organisasi yang memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi. Tenaga profesional biasanya sudah memiliki etika profesi yang sesungguhnya merupakan aturan mengenai cara kerja yang sebaiknya mereka ikuti. Birokrasi maupun formalitas juga memuat aturan mengenai cara kerja sehingga seakan - akan para tenaga profesional itu diatur dengan menggunakan aturan ganda yang bisa berlebihan
Eny Suryani /021618719
Persamaan birokrasi dengan formalisasi dalam kaitannya dengan tenaga profesional
Birokrasi maupun formalisasi tidak sesuai digunakan dalam organisasi yang memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi. Tenaga profesional biasanya sudah memiliki etika profesi yang sesungguhnya merupakan aturan mengenai cara kerja yang sebaiknya mereka ikuti. Birokrasi maupun formalitas juga memuat aturan mengenai cara kerja sehingga seakan - akan para tenaga profesional itu diatur dengan menggunakan aturan ganda yang bisa berlebihan
Eny Suryani /021618719
Diskusi 7
Diskusikan mengenai, apa sebabnya desentralisasi memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan manajer tingkat bawah?
Apa sebabnya desentralisasi memberikan peluanguntuk meningkatkan kemampuan manajer tingkat bawah ? Jawaban : Desentralisasi adalah pendelegaisn wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manager atau orang - orang yang ada pada level bawah dalam struktur organisasi. Dapat disimpulkan bahwa desentralisasi organisasi adalah sebuah organisasi yang terdesentralisasi (decentralized organization), wewenamg pengambilan keputusannya tidak diserahkan kepada beberapa orang eksekutif puncak , melainkan disebarkan dari seluruh organisasi. Di satu sisi ekstrem organisasi yang terdesentralisasisecara kuat adalah organisasi yang memberikan kebebasan kepada para manajer - manajer yang lebih rendah ataupun karyawan untuk membuat suatu keputusan. Pada sisi lainnya, di suatu organisasi yang sangat tersentralisasi, manajer - manajer tingkat yang lebih rendah memiliki sedikit kebebasan untuk membuat suatu keputusan. Pada pengambilan keputusan terdesentralisasi memperkenankan manajer pada jenjang yang lebih rendah untuk membuat dan mengimplementasikan keputusan-keputusan yang penting yang berkaitan dengan wilayah pertanggungjawaban mereka. Jadi, singkatnya desentralisasi dalah praktik pendelegasian wewenang pengambilan keputusan kepada jenjang yang lebih rendah. Sebab - sebabnya , menurut pendapat saya : a) Desentralisasi mempunyai fokus kinerja yang memberikan kebebasan pada manajer-manajernya, yaitu manajer tingkat bawah. b) Desentralisasi mempunyai tujuan peningkatan keberhasilan manajer dalam menjalankan tugasnya. c) Desentralisasi bersifat efisien dalam segala hal. d) Desentralisasi cara kerjanya mengurangi bertumpuknya pekerjaan tingkat atas. e) Hubungan antar manajer dapat meningkatkan komunikasi.
Apa sebabnya desentralisasi memberikan peluanguntuk meningkatkan kemampuan manajer tingkat bawah ? Jawaban : Desentralisasi adalah pendelegaisn wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manager atau orang - orang yang ada pada level bawah dalam struktur organisasi. Dapat disimpulkan bahwa desentralisasi organisasi adalah sebuah organisasi yang terdesentralisasi (decentralized organization), wewenamg pengambilan keputusannya tidak diserahkan kepada beberapa orang eksekutif puncak , melainkan disebarkan dari seluruh organisasi. Di satu sisi ekstrem organisasi yang terdesentralisasisecara kuat adalah organisasi yang memberikan kebebasan kepada para manajer - manajer yang lebih rendah ataupun karyawan untuk membuat suatu keputusan. Pada sisi lainnya, di suatu organisasi yang sangat tersentralisasi, manajer - manajer tingkat yang lebih rendah memiliki sedikit kebebasan untuk membuat suatu keputusan. Pada pengambilan keputusan terdesentralisasi memperkenankan manajer pada jenjang yang lebih rendah untuk membuat dan mengimplementasikan keputusan-keputusan yang penting yang berkaitan dengan wilayah pertanggungjawaban mereka. Jadi, singkatnya desentralisasi dalah praktik pendelegasian wewenang pengambilan keputusan kepada jenjang yang lebih rendah. Sebab - sebabnya , menurut pendapat saya : a) Desentralisasi mempunyai fokus kinerja yang memberikan kebebasan pada manajer-manajernya, yaitu manajer tingkat bawah. b) Desentralisasi mempunyai tujuan peningkatan keberhasilan manajer dalam menjalankan tugasnya. c) Desentralisasi bersifat efisien dalam segala hal. d) Desentralisasi cara kerjanya mengurangi bertumpuknya pekerjaan tingkat atas. e) Hubungan antar manajer dapat meningkatkan komunikasi.
TUGAS 3
- Jelaskan apa definisi Sentralisasi? Jelaskan jawaban saudara?
- Apa sebabnya pengendalian input informasi oleh bawahan bisa membuat pengambilan keputusan yang sentralistik menjadi bersifat desentralistik?
- Apa sebabnya desentralisasi memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan manajer tingkatan bawah?
Jawaban
1. Sentralisasi adalah memusatkan
seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi
puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada
pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah.
Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama. Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.
Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama. Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.
Pemerintah pusat dimaksud adalah
Presiden dan Dewan Kabinet. Kewenangan yang dimaksud adalah kewenangan politik
dan kewenangan administrasi. Kewenangan politik adalah kewenangan membuat dan
memutuskan kebijakan sedangkan kewenangan administrasi adalah kewenangan
melaksanakan kebijakan.
Kelemahan Sistem Sentralisasi
Kebijakan dan keputusan-keputusan
untuk daerah berada di pusat, sehingga butuh waktu yang lama untuk melakukan
itu. Selain itu, karena semua bentuk pemerintahan berada di pusat, maka akan
memberikan beban kerja yang tinggi karena pekerjaan rumah tangga yang akan
semakin menumpuk.
Contoh Sistem Sentralisasi :
·
Lembaga
keamanan negara yaitu TNI, melaksanakan perlindungan terhadap Indonesia memalui
tiga titik yaitu udara, darat dan laut.
·
Bank
Indonesia yang menjadi pusat pengaturan segala kebijakan moneter dan fiskal.
2.
Sebabnya pengendalian input informasi oleh bawahan bisa
membuat pengambilan keputusan yang sentralistik menjadi bersifat
desentralistik:
Struktur organisasi merupakan
hubungan antarkomponen atau subsistem yang didalamnya terdapat hubungan
wewenang dan tanggung jawab. Elemen struktur organisasi
meliputi :
·
Spesialisasi; sejauh mana
pekerjaan/tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam beberapa tugas
khusus/spesifik.
·
Departementalisasi; dasar yang digunakan
mengelompokkan tugas, dpt berupa proses, produk, geografi, dan pelanggan
·
Rantai Komando/Hubungan Lini dan Staf;
garis wewenang dari puncak organisasi ke staf paling bawah & menjelaskan
siapa bertanggung jawab kepada siapa.
·
Rentang Kendali; jumlah bawahan yang
dapat diawasi/diarahkan oleh seorang atasan/penyelia/manajer secara efisien
& efektif.
·
Wewenang dan Tanggung Jawab; wewenang
merupakan hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk
melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu (yang
dapat dilakukan secara sentralisasi atau desentralisasi). Tanggung jawab
merupakan keadaan wajib untuk menanggung sesuatu.
·
Struktur Organisasi dapat berbentuk Sederhana,
Birokrasi, atau Matriks.
a)
Struktur Sederhana: kadar departementalisasi rendah,
rentang kendali luas, wewenang yang terpusat pada seseorang.
b)
Struktur Birokrasi : aturan dan ketentuan sangat
formal, tugas-tugas dikelompokkan ke berbagai departemen fungsional, wewenang
terpusat, rentang kendali sempit, pengambilan keputusan mengikuti rantai
komando.
c)
Struktur Matriks : mempunyai garis wewenang ganda,
menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk (dapat ditemukan di
maskapai penerbangan, rumah sakit, universitas).
Pada organisasi modern sekarang
ini mulai banyak menerapkan bentuk organisasi virtual (men-subkontrakkan fungsi
utama ke pihak lain) dan nirbatas (menghapuskan rantai komando, memiliki
rentang kendali tak terbatas, dan mengganti departemen dengan tim yang
diberdayakan).
3. Sebabnya desentralisasi memberikan
peluang untuk meningkatkan kemampuan manajer tingkatan bawah :
Bahwa Desentralisasi Organisasi
adalah Sebuah organisasi yang terdesentralisasi (decentralized organization),
wewenang pengambilan keputusannya tidak diserahkan pada beberapa orang
eksekutif puncak, melainkan disebarkan diseluruh organisasi. Di satu sisi
ekstrem, organisasi yang terdesentralisasi secara kuat adalah organisasi yang
memberikan kebebasan kepada manajer-manajer tingkat yang lebih rendah ataupun
karyawan untuk membuat suatu keputusan. Pada sisi lainnya, di suatu organisasi
yang sangat tersentralisasi, manajer-manajer tingkat yang lebih rendah memiliki
sedikit kebebasan untuk membuat suatu keputusan. Pada pengambilan keputusan terdesentralisasi
memperkenankan manajer pada jenjang yang lebih rendah untuk membuat dan
mengimplementasikan keputusan-keputusan penting yang berkaitan dengan wilayah
pertanggungjawaban mereka. Jadi singkatnya Desentralisasi adalah praktik
pendelegasian wewenang pengambilan keputusan kepada jenjang yang lebih rendah.
·
Manajer
tingkat lebih rendah umumnya memiliki informasi yang lebih terperinci dan lebih
baru mengenai kondisi setempat dibandingkan dengan para manajer puncak. Oleh
karena itu, keputusan - keputusan manajer tingkat lebih rendah seringkali
didasarkan pada informasi yang lebih baik.
Diskusi terakhir Perilaku Organisasi
Saudara mahasiswa tidak terasa kita sudah sampai pada diskusi yang terakhir dari materi pempelajaran kita semester ini.
Apa yang saudara ketahui tentang Struktur Organisasi dan jelaskan pula bentuk-bentuk Struktur Organisasi yang saudara ketahui......
selamat berdiskusi semoga sukses dan mendapat nilai terbaik pada UAS yang akan datang
Apa yang saudara ketahui tentang Struktur Organisasi dan jelaskan pula bentuk-bentuk Struktur Organisasi yang saudara ketahui......
selamat berdiskusi semoga sukses dan mendapat nilai terbaik pada UAS yang akan datang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar