Minggu, 23 Oktober 2016

Diskusi 6 Organisasi

Menurut Saudara mahasiswa apa persamaan birokrasi dengan formalisasi dalam kaitannya dengan tenaga profesional.


Persamaan birokrasi dengan formalisasi dalam kaitannya dengan tenaga profesional 
Birokrasi maupun formalisasi tidak sesuai digunakan dalam organisasi yang memiliki tingkat profesionalisme yang tinggi. Tenaga profesional biasanya sudah memiliki etika profesi yang sesungguhnya merupakan aturan mengenai cara kerja yang sebaiknya mereka ikuti. Birokrasi maupun formalitas juga memuat aturan mengenai cara kerja sehingga seakan - akan para tenaga profesional itu diatur dengan menggunakan aturan ganda yang bisa berlebihan

Eny Suryani /021618719

Diskusi 7

Diskusikan mengenai, apa sebabnya desentralisasi memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan manajer tingkat bawah?
 Apa sebabnya desentralisasi memberikan peluanguntuk meningkatkan kemampuan manajer tingkat bawah ? Jawaban : Desentralisasi adalah pendelegaisn wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manager atau orang - orang yang ada pada level bawah dalam struktur organisasi. Dapat disimpulkan bahwa desentralisasi organisasi adalah sebuah organisasi yang terdesentralisasi (decentralized organization), wewenamg pengambilan keputusannya tidak diserahkan kepada beberapa orang eksekutif puncak , melainkan disebarkan dari seluruh organisasi. Di satu sisi ekstrem organisasi yang terdesentralisasisecara kuat adalah organisasi yang memberikan kebebasan kepada para manajer - manajer yang lebih rendah ataupun karyawan untuk membuat suatu keputusan. Pada sisi lainnya, di suatu organisasi yang sangat tersentralisasi, manajer - manajer tingkat yang lebih rendah memiliki sedikit kebebasan untuk membuat suatu keputusan. Pada pengambilan keputusan terdesentralisasi memperkenankan manajer pada jenjang yang lebih rendah untuk membuat dan mengimplementasikan keputusan-keputusan yang penting yang berkaitan dengan wilayah pertanggungjawaban mereka. Jadi, singkatnya desentralisasi dalah praktik pendelegasian wewenang pengambilan keputusan kepada jenjang yang lebih rendah. Sebab - sebabnya , menurut pendapat saya : a) Desentralisasi mempunyai fokus kinerja yang memberikan kebebasan pada manajer-manajernya, yaitu manajer tingkat bawah. b) Desentralisasi mempunyai tujuan peningkatan keberhasilan manajer dalam menjalankan tugasnya. c) Desentralisasi bersifat efisien dalam segala hal. d) Desentralisasi cara kerjanya mengurangi bertumpuknya pekerjaan tingkat atas. e) Hubungan antar manajer dapat meningkatkan komunikasi.

TUGAS 3
  1. Jelaskan apa definisi Sentralisasi? Jelaskan jawaban saudara?
  2. Apa sebabnya pengendalian input informasi oleh bawahan bisa membuat pengambilan keputusan yang sentralistik menjadi bersifat desentralistik?
  3. Apa sebabnya desentralisasi memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan manajer tingkatan bawah?
Selamat Mengerjakan


Jawaban
1.      Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah.

Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama. Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.
Pemerintah pusat dimaksud adalah Presiden dan Dewan Kabinet. Kewenangan yang dimaksud adalah kewenangan politik dan kewenangan administrasi. Kewenangan politik adalah kewenangan membuat dan memutuskan kebijakan sedangkan kewenangan administrasi adalah kewenangan melaksanakan kebijakan.
Kelemahan Sistem Sentralisasi
Kebijakan dan keputusan-keputusan untuk daerah berada di pusat, sehingga butuh waktu yang lama untuk melakukan itu. Selain itu, karena semua bentuk pemerintahan berada di pusat, maka akan memberikan beban kerja yang tinggi karena pekerjaan rumah tangga yang akan semakin menumpuk.
Contoh Sistem Sentralisasi  :

·         Lembaga keamanan negara yaitu TNI, melaksanakan perlindungan terhadap Indonesia memalui tiga titik yaitu udara, darat dan laut.
·         Bank Indonesia yang menjadi pusat pengaturan segala kebijakan moneter dan fiskal.
2.      Sebabnya pengendalian input informasi oleh bawahan bisa membuat pengambilan keputusan yang sentralistik menjadi bersifat desentralistik:
Struktur organisasi merupakan hubungan antarkomponen atau subsistem yang didalamnya terdapat hubungan wewenang dan tanggung jawab.  Elemen  struktur organisasi meliputi :
·         Spesialisasi; sejauh mana pekerjaan/tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam beberapa tugas khusus/spesifik.
·         Departementalisasi; dasar yang digunakan mengelompokkan tugas, dpt berupa proses, produk, geografi, dan pelanggan
·         Rantai Komando/Hubungan Lini dan Staf; garis wewenang dari puncak organisasi ke staf paling bawah & menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa.
·         Rentang Kendali; jumlah bawahan yang dapat diawasi/diarahkan oleh seorang atasan/penyelia/manajer secara efisien & efektif.
·         Wewenang dan Tanggung Jawab; wewenang merupakan hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu (yang dapat dilakukan secara sentralisasi atau desentralisasi). Tanggung jawab merupakan keadaan wajib untuk menanggung sesuatu.
·         Struktur Organisasi dapat berbentuk Sederhana, Birokrasi, atau Matriks.
a)      Struktur Sederhana: kadar departementalisasi rendah, rentang kendali luas, wewenang yang terpusat pada seseorang.
b)      Struktur Birokrasi : aturan dan ketentuan sangat formal, tugas-tugas dikelompokkan ke berbagai departemen fungsional, wewenang terpusat, rentang kendali sempit, pengambilan keputusan mengikuti rantai komando.
c)      Struktur Matriks : mempunyai garis wewenang ganda, menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk (dapat ditemukan di maskapai penerbangan, rumah sakit, universitas).
Pada organisasi modern sekarang ini mulai banyak menerapkan bentuk organisasi virtual (men-subkontrakkan fungsi utama ke pihak lain) dan nirbatas (menghapuskan rantai komando, memiliki rentang kendali tak terbatas, dan mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan).
3.      Sebabnya desentralisasi memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan manajer tingkatan bawah :
Bahwa Desentralisasi Organisasi adalah Sebuah organisasi yang terdesentralisasi (decentralized organization), wewenang pengambilan keputusannya tidak diserahkan pada beberapa orang eksekutif puncak, melainkan disebarkan diseluruh organisasi. Di satu sisi ekstrem, organisasi yang terdesentralisasi secara kuat adalah organisasi yang memberikan kebebasan kepada manajer-manajer tingkat yang lebih rendah ataupun karyawan untuk membuat suatu keputusan. Pada sisi lainnya, di suatu organisasi yang sangat tersentralisasi, manajer-manajer tingkat yang lebih rendah memiliki sedikit kebebasan untuk membuat suatu keputusan. Pada pengambilan keputusan terdesentralisasi memperkenankan manajer pada jenjang yang lebih rendah untuk membuat dan mengimplementasikan keputusan-keputusan penting yang berkaitan dengan wilayah pertanggungjawaban mereka. Jadi singkatnya Desentralisasi adalah praktik pendelegasian wewenang pengambilan keputusan kepada jenjang yang lebih rendah.


·         Manajer tingkat lebih rendah umumnya memiliki informasi yang lebih terperinci dan lebih baru mengenai kondisi setempat dibandingkan dengan para manajer puncak. Oleh karena itu, keputusan - keputusan manajer tingkat lebih rendah seringkali didasarkan pada informasi yang lebih baik. 


Diskusi terakhir Perilaku Organisasi

Saudara mahasiswa tidak terasa kita sudah sampai pada diskusi yang terakhir dari materi pempelajaran kita semester ini.
Apa yang saudara ketahui tentang Struktur Organisasi dan jelaskan pula bentuk-bentuk Struktur Organisasi yang saudara ketahui......
selamat berdiskusi semoga sukses dan mendapat nilai terbaik pada UAS yang akan datang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar