Jumat, 18 Maret 2016

 DISKUSI 1 MANAJEMEN RANTAI PASOKAN

para mahasiswa, pada materi inisiasi 1 Anda mempelajari mengenai pengertian manajemen rantai pasokan,
Coba jelaskan dan berikan contoh penerapan manajemen rantai pasokan pada satu jenis industri, boleh untuk perusahaan manufaktur ataupun jasa.
Jawaban Saya :

Penerapan Manajemen Rantai Pasokan di Indutri Garment

Suply Chain Management(Manajemen Rantai Pasokan),secara umum dapat dijelaskan sebagai integrasi aktivitas-aktivitas yang berawal dari pengadaan barang dan jasa, mengubah bahan baku menjadi barang dalam proses dan barang jadi dan mengantarkan barang-barang tersebut kepada para pelanggannnyadengan cara yang efisien.

Sehingga dalam penerapannya mungkin dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bahwa suatu perusahaan garment, memperoleh barang baku pembuatan produksi yang akan mereka buat menjadi berbagai produk. Dengan ketrampilan dan kemahiran dalam menajemen yang baik dalam memproduksi barang , tentu akan semakin menambah omzet garment yang diharapkan konsumen akan selalu setia untuk membeli produk tersebut.

 DISKUSI 2

Perhatikan ilustrasi berikut.

PT. A menjual produk XX melalui iklan di televisi. Bagi orang yang ingin membeli produk XX tersebut, pembeli dapat menelepon ke nomor telepon tertentu, kemudian barang langsung dikirim ke alamat pembeli.

PT. B menjual produk YY melalui beberapa saluran. Pertama adalah melalui distributor yang dilanjutkan dengan pengecer, kemudian ke pembeli.

Berikan pendapat Anda, termasuk dalam penjadwalan penyerahan apakah PT. A dan PT. B tersebut. Jelaskan jawaban Anda.

Jawaban Saya :

Penjadwalan Penyerahan PT. A dan PT. B
1.PT. A termasuk dalam Metode Penyerahan Langsung
Metode penyerahan ini dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu memilih alur yang paling pendek. Penjadwalan penyerahan jenis ini meliatkan keputusan tentang kuantitas pengiriman dan frekuensi penyerahan ke tujuan. Keuntungan metode penyerahan ini adalah adanya kesederhanaan koordinasi penyerahan dan operasi , karena metode ini memindahkan secara langsung produk dari lokasi mereka dibuat atau disimpan. Penyerahan jenis ini efisien jikadilakukan berdasarkan kuantitas pesanan ekonomis serta pemilihan jenis transportasi yang tepat.
2. PT. B termasuk dalam Metode Penyerahan Milk Run
Penyerahan Milk Run adalah penyerahan yang menyalurkan produk dari penempatan awal tunggal keberbagai penempatan yang menerima produk sampai akhirnya ke penerima tunggal. Penjadwalan penyerahan milk run jauh lebih kompleks dibanding penjadwalan penyerahan langsung. Keputusan yag harus dibuat meliputi pengiriman produk dalam jumlah yang berbeda, frekuensi penyerahan,serta runtutan penyerahan.

 DISKUSI 3

Setelah Anda mempelajari materi yang sudah saya sampaikan, sekarang coba kita diskusikan materi ini ya...... Permintaan handphone dalam tiga tahun terakhir ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin peduli dengan kebutuhan berkomunikasi secara cepat dan efisien sekaligus sudah menjadi gaya hidup. Permintaan handphone ini termasuk dalam pola permintaan apakah..? Jelaskan jawaban Anda!
Jawaban Saya :

Pola permintaan handphone di masyrakat
Permintaan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Pola permintaan handphone ini termasuk dalam pola permintaan tren. Permintaan handphone menunjukkan permintaan yang semakin meningkat pada tiga tahun terakhir menunjukkan bahwa masyarakat semakin peduli dengan keutuhan akan berkomunikasi secara efektif dan efisien seligus juga sudah menjadi gaya hidup (semakin berkembangnya teknologi kecanggihan handphone dari waktu ke waktu). Tren merupakan pola paling mudah untuk mendeteksi perilaku permintaan dan seringkali juga menjadi titik awal untuk mengembangkan peramalan.


TUGAS 1

Teman-teman....
Coba Anda buat rangkuman mengenai teknik-teknik peramalan yang Anda ketahui. Jelaskan masing-masing teknik secara singkat saja ya...



Teknik – teknik peramalan dalam Manajemen Rantai Pasok
Peramalan adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan untuk memprediksi kejadian di masa datang. Peramalan adalah suatu dugaan terhadap permintaan yang akan datang berdasarkan pada beberapa variabel peramalan berdasarkan pada data deret waktu historis atau suatu proses dalam menggunakan data historis (data masa lalu) yang telah dimiliki untuk diproyeksikan ke dalam sebuah model dan menggunakan model ini untuk memperkirakan keadaan di masa mendatang. Tujuan dari peramalan adalah untuk menentukan jumlah permintaan produk pada masa yang akan datang.
Ø  Adapun kegunaan dari peramalan adalah :
                        a.   Menentukan besarnya ekspansi pabrik
                        b.   Menentukan rencana jangka menengah produk yang ada dan dibuat dengan  fasilitas yang ada.
                        c.    Untuk menentukan rencana jangka pendek.
Ø  Adapun tipe-tipe dalam peramalan adalah sebagai berikut :
                        a.    Times Series Model
Metode time series adalah metode peramalan secara kuantitatif dengan menggunakan waktu sebagai dasar peramalan.
b.    Causal Model
Metode peramalan yang menggunakan hubungan sebab-akibat sebagai asumsi, yaitu bahwa apa yang terjadi di masa lalu akan terulang pada saat ini.
                        c.    Judgemental Model
Bila time series dan causal model bertumpu pada kuantitatif, pada judgemental mencakup untuk memasukkan faktor - faktor kuantitatif / subyektif ke dalam metode peramalan. Secara khusus berguna bilamana faktor-faktor subyektif yang diharapkan menjadi sangat penting bilamana data kuantitatif yang akurat sudah diperoleh. 
Dalam peramalan terdapat dua klasifikasi peramalan diantaranya sebagai berikut:
A.     Peramalan berdasarkan teknik penyelesaiannya, yang terdiri dari :
        a.    Teknik peramalan secara kualitatif
Peramalan yang melibatkan pendapat pribadi, pendapat ahli, metode Delphi penelitian pasar dan lain-lain. Bertujuan untuk menggabungkan seluruh informasi yang diperoleh secara logika, unbased dan sistematis yang dihubungkan dengan faktor interest si pengambil keputusan. Beberapa teknik kualitatif yang sering dipergunakan adalah :
        1.    Delphi Method
        2.    Market Research
        3.    Panel Consensus
        4.    Visionary Forecast
        5.    Historical Analogue
        6.    Management Estimate
        7.    Structured Group Methods
b.    Teknik peramalan secara kuantitatif
Digunakan pada saat data masa lalu cukup tersedia. Beberapa teknik kuantitatif yang sering dipergunakan:
        1.    Time Series Model
        2.    Causal Model
B.   Peramalan berdasarkan pengelompokkan horizon waktu :
a.     Peramalan jangka panjang, yaitu peramalan yang jangka waktu peramalan lebih dari 24 bulan, misalnya peramalan yang diperlukan dalam kaitannya dengan anggaran produksi.
b.     Peramalan jangka menengah, yaitu peramalan yang jangka waktu peramalan antara 3-24 bulan, misalnya peramalan untuk perencanaan penjualan, perencanaan dan anggaran produksi
c.     Peramalan jangka pendek, yaitu peramalan yang jangka waktu peramalan kurang dari 3 bulan, misalnya peramalan dalam hubungannya dengan perencanaan pembelian material, penjadwalan kerja dan penugasan.
Komponen utama yang mempengaruhi penjualan masa lampau :
a.    Kecenderungan/Trend (T)
b.    Siklus/Cycle (C)
c.    Musim/Season (S)
d.    Kejadian Luar Biasa/Erratic Events (E)

 DISKUSI 1 MATEMATIKA EKONOMI
 Diskusikan tentang fungsi berpangkat, bilangan rasional dan bagaimana nilai basis dalam logaritma.
Jawaban Saya :
 

Fungsi Berpangkat , Bilangan Rasional dan Nilai Basis dalam Logaritma
  • Fungsi Berpangkat => Perpangkatan merupakan suatu bentuk singkat dari bentuk perkalian sesuatu yang sama lebih dari satu kali. Suatu fungsi yang variabelnya berpangkat suatu konstant disebut fungsi berpangkat.
Jika y= x pangkat 3
Contohnya     144 = 12 pangkat 2 (dimana 2 merupakan konstan)
  • Bilangan Irasional => Bilangan ini adalh salah satu  himpunan dari bilangan Riil, yaitu bilangan yang ditulis sebagai hasil bagi dua bilangan bulat dan hasilnya belum tentu habis pula ( bukan berarti tidak ada yang menghasilkan angka koma).
Contoh : 5/3 = 1,6666 . . . . . . . . (satu angka berulang saja)
Dalam pengertian sederhananya, bilangan ini juga dapat ditentukan dengan pernyataan "bilangan habis dibagi atau tidak habis dibagi bilangan tertentu, namun menghasilkan desimal berulang".
  • Nilai Basis dalam Logaritma
Sistem bilangan yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sistem bilangan dengan basis sepuluh ( dengan menggunakan sistem angka, yaitu 0,1,2,....,9).
Logaritma sebenarnya juga merupakan bentuk perpangkatan.
Logaritma menunjukkan pangkat yang dimiliki oleh suatu basis sehingga bentuk perpangkatan itu nilainya sama dengan bilangan tertentu.

Jika      81= 9 pangkat 2 , untuk a>0 dan a tidak sama dengan satu.
81 dengan basis a atau dapat ditulis  2=9log81
karena, 9 log 81 = 2
maka dapat kita peroleh hasilnya, yaitu 2.


Diskusi 2

Diskusikan mengenai suku, banjar hitung, banjar ukur, deret hitung dan deret ukur.

Jawaban Saya :
 

Suku, Banjar Hitung, Banjar Ukur, Deret Hitung, Deret Ukur
  • Suku adalah setiap bilangan yang merupakan anggota suatu banjar.
  • Banjar dapat didefinisikan sebagai suatu fungsi yang wilayahmya merupakan himpunan bilangan alam.
Bentuk umum dari banjar adalah :
a1,a2,a3,......,an
dimana ,
suku ke-1 = S1 =a1
suku ke -2 = S2 = a2
. . . . . .
Suku ke-n = Sn =an
Banjar diatas dapat disimbolkan sengan (an) sehingga kalau ditulis lagi dengan lengkap menjadi : [an] = a1,a2,a3,....., an
  • Banjar yang tidak mempunyai akhir atau banyaknya suku tidak terbatas dinamakan Banjar Tak Terhingga.
  • Banjar yang banyaknya suku tertentu dinamakan Banjar Terhingga.
Dengan memperhatikan pola yang terdapat pada suku-sukunya , banjar dibedakan menjadi
  1. Banjar hitung adalah banjar yang antara dua suku berurutan mempunyai selisih yang besarnya sama. Contoh : [7n] = 7,14,21,28,35..........7n]
                   b = Sn-Sn-1=7
  2. Banjar Ukur adalah banjar yang antara dua suku berurutan mempunyai hasil bagi yang sama besarnya. Contoh : [9.2n-1] = 9,18,27,36,45,.......9(2n-1)
  3. Banjar Harmoni adalah banjar yang sukunya merupakan kebalikan dari suku banjar hitung. Contoh : 1/12n = 1/12,1/24,1/36,1/48/.......1/12n
  •  Deret yaitu jumlah dari suku-suku pada suatu banjar. Deret merupakan penjumlahan semua suku suatu banjar.
  1. Deret Hitung merupakan jumlah suku-suku banjar hitung. Contoh : 1+2+3+..............+n
  2. Deret Ukur merupakan jumlah suku-suku banjar ukur. Contoh : 6+12+24+.....+6(2n-1)
  3. Deret Harmoni merupakan jumlah suku-suku banjar harmoni. Contoh : 1+1/2+1/3+.....+1/n
Suku ke-n suatu banjar hitung :
Sn = a (n+1) b
Deret hitung jumlahnya dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
J = 1/2 n (a+Sn)       dimana       n = banyaknya suku, a=suku pertama, Sn = suku ke-n
Contoh :
Jika ingin mengetahui suku kesembilan suatu banjar hitung yang suku pertamanya = 2 dan beda =2 adalah :
Sn = a + (n+1)b
S9=2 + (9-1)2
S9= 2 + (8)2
S9=2+16 = 18
Deret hitung dengan jumlah kesembilan suku tersebut adalah :

J = 1/2 n (a+Sn)
J = 1/2 (9) (2+18)
J = 1/2 (9) (2+18)
J = 90

Banjar Ukur
Sn = apn-1
jumlah n suku suatu deret ukur dapat ditentukan denganrumus
J =a dikalikan 1-pn/1-p = a-psn/1-p
Contoh : Bila ada suatu banjar ukur yan suku pertamanya a=2 dan pengalinya p=2, maka besar suku ke- adalah
Sn = apn-1
S9 = 2 (29-1)
S9 =2(28)
S9 = 2(256)
S9 = 512
dan jumlah 9 sukunya adalah :
J = 1023


Diskusi 3

Jelaskan tentang sumbu koordinat dan pengertian fungsi.

Jawaban Saya :

Sumbu Koordinat dan Pengertian Fungsi
  • Sumbu Koordinat
Suatu titik yng terletak di sebuah bidang datar dapat ditentukan letaknya dengan menggunakan garis penolong yag disebut sumbu koordinat.
Sumbu koordinat adalah garis lurus yang saling berpotongan tegak lurus. Garis yang horizontal biasanya disebut sumbu x dan yang vertikal disebut sumbu y. Perpotonganantara sumbu x dengan sumbu y disebut titik origin atau titik asal atau titik nol.



  • Pengertian Fungsi
Fungsi didefinisikan sebagai himpunan pasangan urut dengan anggota-anggota pertama pasangan urut yang dinamakan wilayah (domain) dan anggota -anggota kedua pasangan urut dinamakan jangkau (range), dihubungkan sedemiian rupa sehingga tidak ada dua pasangan urut yang anggota pertamnya sama.
  • Ada 3 cara untuk menunjukkan sautu fungsi
  1. Cara daftar lajur
  2. Cara penulisan lambang
  3. Cara grafik


Pending


JAWABAN TUGAS 1 MATEMATIKA EKONOMI

1.      a.  =  x  =  x  = 729 x 625 = 455.625
b.         =    =  
      2.   a. 4  ( ) =  4 ( ) = 4 ( ) = 4 ( ) =4 ( ) = 2
            b.    =  =  =  = 1
      3.  a. (243 /27) =  243 -  27 = 5 -3 = 2
b. log 6 = log 2 . log 3 = 0,301 + 0,477 = 0.778
      4.  a + 4b = 20                                         a + 4b = 20
            a + 6b = 26 –                                      a + 4(3) = 20
                 -2b = -6                                          a + 12 =20
                   b   = 3                                                   a = 20 – 12 = 8
            Jadi, beda dan suku pertamanya adalah 3 dan 8.
      5.      10 = a + b                                                                             a + b = 10
                25 = a + 4b –                                                                       a + 5 = 10
                -15 = -3b                                                                                a = 5
                  b  = 15 /3 = 5
J  =  n ( a +  )
J =  . 5 ( 5 +25 )
J = 5 (15) = 75
Jadi, deret kelimanya adalah 75.
      6.      b = 15 – 5 = 10
                  = a + (n-1) b = 5 + (3-1) 10  = 25
                 = a + (n-1) b = 5 + (5-1) 10  = 45
Jadi, deret ketiga dan kelima adalah 25 dan 45.
7.  P =   =  =  = 26.785.714,29 (dibulatkan 26.786.000)
   Jadi, nilai sekarang uang Shamil adalah Rp 26.786.000,00
   8. y -  =  (x - )
 y -7 =   (x-3)
 y- 7 =   (x-3)
 y -7 = 2 (x-3)
     y  =  2 (x-3) + 7
      y = 2x – 6 + 7
     y = 2x +1
Jadi, persamaan garis yang melalui titik (3,7) dan (2,5) adalah y = 2x-1
9. gradien garis  g1 : 2x-y+5=0 adalah m =2
 Garis g2 sejajar dengan g1 maka gradien  g2= gradien  g1 = 2
Persamaan garis dengan gradient 2  melalui titi (2,-3) adalah
y + 3 = 2(x-2)
y = 2x -7
Jadi, persamaan garis yang melalui titik (2,-3) dan sejajar dengan garis 2x-y+5 adalah y = 2x-7
10. 8x-4y-4 = 0          dikalikan 5, menjadi        40x -20y -20 = 0
       5x-y+8 = 0           dikalikan 8, menjadi        40x- 8y+ 64   = 0  
                                                                                       -12y + 44 = 0
                                                                                              - 12 y = -44
                                                                                                  y    =  =
Substitusikan y =  , ke dalam persamaan pertama :
8x – 4y – 4 = 0
8x – 4 ( ) – 4 = 0
8x – (-4) = 0
8x -  = 0
8x =
24x = 32
  x   =  =
Jadi, titk potongnya adalah ( ,  )


 DISKUSI 1-PEMASARAN JASA
Forum Diskusi 1: Dibalik Pailit Batavia
Keputusan pengadilan niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan gugatan pailit terhadap maskapai penerbangan Batavia Air mengejutkan berbagai pihak.
Bagaimana Pendapat anda mengenai Pailit Batavia? mari kita diskusikan
Jawaban Saya :

Keputusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan gugatan pailit terhadap maskapai penerbangan "Batavia Air" mengejutkan berbagai pihak
Menurut pendapat saya :
Batavia Air merupakan salahsatu penerbangan yang secara umum delay cukup bagus. Akan tetapi kepailitan Batavia Air, membuat rugi bagi,:manajemen,calon penumpang dan pihak terkait. Konsumen (calon penumpang) merasa dirugikan karena pelayanannya yang tidak meyenangkan sebagaimana mestinya yang biasa mereka dapatkan di Batavia Air dan penerbangan lain seara umumnya. Manajemen merasa dirugikan, mungkin mereka selama ini sia-sia bekerja di Batavia Air yang merupakan penerbangan yang baik dalam delay nya. Semua berbagai media komunikasi dan lapisan masyarakatpun merasa dirugikan apabila ada salahsatu  maskapai penerbangan yang palayanannnya tidak memuaskan bagi pemakai/konsumen. Sebaiknya lebih diatur manajemen Batavia Air agar supaya semua berjalan sesuai dengan harapannya, yakni memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang. Mengingai alat transportasi salah satu ini adalah alat transportasi yang sudah tidak dianggap mewah bagi sebagian orang , di era sekarang.

Dengan manajemen yang diatur ulang dengan baik dan benar dan selalu mengandalkan SDM yang berkualitas, maka tentu pasti akan  menghapus image buruk Batavia Air.
Didasarkan pula komunikasi antar manajemen tidak pernah putus, sehingga diharapkan semua akan berjalan baik-baik saja

DISKUSI 2
 
Targeting memudahkan pemasar untuk memahami konsumen lebih detil. Salah memilih target, salah juga konsep lainnya.
Mari kita diskusikan jika itu produk jasa, risiko apa saja yang akan diterima untuk jangka waktu pendek
Jawaban Saya :
 
Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih salah satu atau lebih karakteristik untuk dilayani.
Menurut pendapat saya :
Jika produk itu jasa, misal jasa perbankan. Dalam jasa perbankan selalu memberikan produk/jasa baik dana maupun pinjaman sesuai kebutuhan customer(customer solution) dengan berbagai pilihan disertai dengan fasilitas layanan terbaik sehingga customer dapat memperoleh seluruh kebutuhannya melalui jasa perbankan tersebut.
Risiko yang diterima dalam jangka waktu pendek , apabila salah memilih target, misalnya berkurangnya tingkat kepercayaan para customer akan pelayanan pada perbankan tersebut.
Contoh : Bank A menyediakan kredit perumahan bagi nasabahnya. Manajemen senior bank memutuskan untuk menaikkan pangsa pasarnya dengan cara menurunkan suku bunga kredit perumahannya secara agresif dan menawarkan kredit (loan-to value)100% dari nilai rumah. Keputusan bisnis ini membawa risiko tinggi karena membuat Bank A memiliki eksposur besar terhadap pasar properti dan kenaikan tingkat suku bunga underlying. Hal ini dapat menyebabkan  peningkatan biaya kredit perumahan yang harus ditanggung debitur dan dapat mengakibatkan peningkatan jumlah kredit yang mengalami default. Selanjutnya, penurunan harga properti akan menyebabkan nilai jaminan jatuh dibawah nilai kredinya.
Mengingat kenaikan suku bunga dan penurunan harga properti menurun dapat terjadi pada saat yang bersamaan, maka keputusan bisnis ini jelas beresiko.
Walaupun Bank A dapat dapat dengan cepat meluaskan pangsa pasarnya kualitas kredit perumahan yang baru relatif rendah. Saat tingkat suku bunga naik, Bank A menyadari bahwa banyak nasabahnya mendapatkan kredit melebihi kemampuan yang ada dan tidak mampu membayar kembali kredit tersebut.
DISKUSI 3
 Artikel berikut mengenai komunikasi pemasaran terpadu, silahkan memberikan tanggapan mengenai hal tersebut http://wsmulyana.wordpress.com/2008/12/16/69/ .
Jawaban Saya :
Konsep dasar IMC adalah komunikasi , yang berusaha untuk memaksimalkan pesan positif dan meminimalkan pesan negatif dari suatu brand dengan sasaran menciptakan dan menyokong brand relationship. IMC merupakan konsep sekaligus proses.
Brand Relationship yang positif juga akan menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai dari pemegang saham perusahaan tersebut.
Ada dua ide pokok mengenai IMC :
1. Komunikasi pemasaran yang bersifat  one voice
2. Komunikasi yang berintegrasi
 Konsep dasar pengembangan bebagai program IMC :
  • Direct Marketing
  • Sales Promotion
  • Public Relations
  • Personal Selling
  • Advertising
  • Publicity
  • Events/sponsorship
  • Intractive marketing
Menurut saya : artikel ini sangat bermanfaat untuk menambah pemahaman tentang materi komunikasi pemasaran.


TUGAS 1
PEMASARAN JASA

Description: http://www.ut.ac.id/templates/beez_20/image/logo.png
Disusunoleh :
                                 Nama  : Eny Suryani
                                 NIM     : 021618719



PROGRAM STUDI MANAJEMEN
  FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS TERBUKA    
SEMARANG
2016

DAFTAR ISI
Daftar Isi...................................................................................................................... i
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ....................................................................................……………1
1.2 Permasalahan .......................................................................................................6
BAB II Pembahasan ....................................................................................................8
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN..........................................................................13

















i
BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Komunikasi pemasaran (bahasa Inggris: marketing communication) adalah sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.
Komunikasi pemasaran bagi konsumen, dapat memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek serta emndorong penjualan dan bahkan mempengaruhi nilai pemegang saham.
Dua unsur pokok dalam komunikasi pemasaran, yaitu:
1.    Komunikasi : Proses di mana pemikiran dan pemahaman disampaikan antar individu, atau antar organisasi dengan individu. Komunikasi sebagai proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan atau informasi pengirim melalui suatu media kepada penerima agar mampu memahami maksud pengirim.
2.    Pemasaran adalah sekumpulan kegiatan di mana perusahaan atau organisasi lainnya mentransfer nilai-nilai (pertukaran) tentang informasi produk, jasa dan ide antara mereka dengan pelanggannya.


1
Bauran Komunikasi Pemasaran
Bauran komunikasi pemasaran terdiri dari delapan model komunikasi utama, yaitu :
a.    Iklan adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang dibiayai dan bersifat persuasif dan promosi tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor yang teridentifikasi melalui berbagai macam media.

b.    Promosi penjualan : Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.
c.    Acara dan pengalaman : Kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
d.    Hubungan masyarakat dan publisitas : Beragam program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.
e.    Pemasaran langsung : Penggunaan surat, telepon, faksimile, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respon atau dialog dari pelanggan.
f.     Pemasaran interaktif : Kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, dan menciptakan penjualan produk dan jasa.
g.    Pemasaran dari mulut ke mulut : Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antarmasyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.
h.    Penjualan personal : Interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan.


2
Model Proses Komunikasi
a.    Model Makro Proses Komunikasi
Model makro adalah model komunikasi yang terdiri dari sembilan elemen. Dua elemen sebagai pihak utama yaitu pengirim dan penerima.
Dua elemen lainnya merepresentasikan alat komunikasi utama yaitu pesan dan media. Empat elemen merepresentasikan fungsi komunikasi utama yaitu penyandian, pengartian, respons, dan umpan balik. Elemen terakhir adalah gangguan yang dapat menganggu proses komunikasi.
b.    Model Mikro Respons Konsumen
Model mikro komunikasi pemasaran berkonsentrasi pada respons spesifik konsumen terhadap komunikasi. Ada empat model hirarki respons klasik yaitu AIDA, Hirarki Pengaruh, Inovasi-adopsi, dan Komunikasi. Semua model mengasumsikan bahwa pembeli melewati tahap kognitif, afektif dan perilaku.
Ø  Kesadaran : Jika sebagian besar konsumen sasaran tidak menyadari produk, tugas komunikator adalah membangun kesadaran dengan memperkenalkan produk dengan informasi awal seperti nama produk.
Ø  Pengetahuan : Informasi lebih dalam mengenai produk. Konsumen sasaran mungkin memiliki kesadaran tapi tidak tahu banyak tentang produk. Pengetahuan sangat penting untuk diberikan kepada sasaran agar informasi yang dimiliki sasaran tentang produk menjadi lengkap.
Ø  Rasa suka : Jika konsumen sasaran mengetahui merek, apa yang mereka rasakan tentang merek tersebut? Dalam hal ini komunikator harus bisa membangkitkan rasa suka konsumen sasaran terhadap produk.
Ø  Preferensi : Konsumen sasaran mungkin menyukai produk, tetapi tidak lebih baik dibandingkan produk lain. Komunikator harus berusaha membangun preferensi konsumen dengan membandingkan kualitas, nilai, kinerja, dan fitur lain terhadap pesaing.
3
Ø  Keyakinan : Komunikator harus membangun dan memperkuat keyakinan dan minat konsumen sasaran untuk membeli.
Ø  Pembelian : Konsumen sasaran memiliki keyakinan dan minat yang kuat, namun tidak cukup tergerak untuk membeli.
Komunikator harus mengarahkan konsumen agar mengambil langkah terakhir untuk membeli dengan cara menawarkan produk dengan harga terjangkau, menawarkan premi, atau membiarkan konsumen mencoba produk.
Mengembangkan Komunikasi Efektif
Ada delapan langkah dalam mengembangkan komunikasi yang efektif.
1.    Mengidentifikasikan pemirsa atau konsumen sasaran : menganalisa pembeli potensial produk perusahaan dan menetapkan target konsumen.
2.    Menentukan tujuan komunikasi : kebutuhan kategori, kesadaran merek, sikap merek, maksud pembelian merek.
3.    Merancang komunikasi : strategi pesan, strategi kreatif, sumber pesan, adaptasi global.
4.    Memilih saluran komunikasi.
Saluran komunikasi pribadi : dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara seseorang dengan pemirsa, melalui telepon atau melalui e-mail.
5.    Saluran komunikasi nonpribadi : komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang dan meliputi media, promosi penjualan, acara dan pengalaman, serta hubungan masyarakat.
6.    Menetapkan total anggaran komunikasi pemasaran : metode terjangkau, metode persentase penjualan, metode paritas kompetitif, metode tujuan dan tugas.
7.    Memutuskan bauran komunikasi pemasaran (marketing mix).
8.    Mengukur hasil komunikasi : mengukur dampak pesan yang dikomunikasikan terhadap konsumen sasaran dan umpan balik yang diterima.

4
Mengelola proses komunikasi pemasaran terintegrasi : mengkoordinasikan media, mengimplementasikan IMC (Integrated Marketing Communication) atau komunikasi pemasaran terpadu.
Tujuan Komunikasi Pemasaran
Menurut Kennedy dan Soemanegara (hal 119), tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk mencapai tiga tahap perubahan, yaitu:
1. Perubahan pengetahuan
Dalam tahap ini perusahaan memberikan pengetahuan kepada konsumen tentang keberadaan produk, bentuk produk, untuk apa produk itu diciptakan dan ditujukan kepada siapa.
2. Perubahan sikap tentunya mengarah kepada keinginan untuk mencoba produk. Pada tahap ini ditentukan oleh tiga komponen yaitu:
a. Efek kognitif yaitu membentuk kesadaran informasi tertentu, yang mengakibatkan perubahan pada aspek pengetahuan, kepercayaan atau keyakinan.
b. Efek afeksi yaitu memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu. Yang diharapkan adalah realisasi pembelian.
c. Efek konatif yaitu membentuk pola khalayak menjadi perilaku selanjutnya. Yang diharapkan adalah pembelian ulang.
3. Perubahan perilaku
Perubahan perilaku dimaksudkan agar konsumen tidak beralih pada produk lain dan terbiasa menggunakannya. Penerapan strategi dan teknik komunikasi pemasaran harus tepat, karena harus disesuaikan dengan karakteristik produk, segmen pasar yang dituju, tujuan pemasaran yang ingin dicapai serta karakter dan kondisi perusahaan.Program komunikasi yang efektif pasti memerlukan perencanaan yang baik. Perencanaan komunikasi adalah penggunaan secara terencana dan terkoordinasi dari berbagai metode komunikasi dalam upaya atau tujuan untuk memecahkan suatu problem tertentu.Metode atau alat komunikasi dalam komunikasi pemasaran mengacu pada media atau saluran komunikasi yang efektif untuk kegiatan promosi.


5

1.2  Permasalahan
Atasi kemacetan, perbaiki standar pelayanan angkutan umum
Kamis, 27 Desember 2012 07:33 WIB

Ilustrasi - kemacetan ibukota. (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus)
Saat ini kemacetan tidak hanya menjadi problem yang terjadi di ibu kota Indonesia. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami hal yang sama,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Perbaikan angkutan umum dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas di Yogyakarta, kata pakar transportasi Universitas Gadjah Mada Ahmad Munawar.
"Perbaikan tidak hanya pada angkutan umum perkotaan, tetapi juga angkutan umum dalam provinsi yang harus diperbaiki dengan standar pelayanan minimal tertentu," katanya di Yogyakarta, Kamis.
Menurut dia, melalui perbaikan angkutan umum diharapkan dapat memberi kenyamanan pada pengguna, sehingga moda transportasi itu dapat lebih diminati.
"Saat ini kemacetan tidak hanya menjadi problem yang terjadi di ibu kota Indonesia. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami hal yang sama," katanya.
Ia mengatakan kemacetan merupakan hal biasa ditemui di Yogyakarta. Di ruas-ruas jalan utama kemacetan hampir terjadi setiap saat, dari pagi hingga malam.
"Dalam waktu 15 tahun ke depan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah jika tidak segera ditangani dengan sungguh-sungguh," kata Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.
Menurut dia, penyediaan kantong-kantong parkir juga mendesak untuk segera direalisasikan. Meskipun di beberapa tempat sudah disediakan, seperti Taman Parkir Ngabean, Terminal Jombor, dan sekitar halte busTrans-Jogja Prambanan, penggunaannya belum optimal, sehingga perlu ditingkatkan.


6
"Di kawasan Malioboro juga perlu dilakukan penambahan beberapa kantong parkir untuk menampung kendaraan yang ada. Sebagai pusat kota dan salah satu tujuan wisata di Yogyakarta, Malioboro harus segera ditata," katanya.
Ia mengatakan adanya pedestrianisasi di sepanjang Malioboro, menjadikan kawasan tersebut menjadi lebih nyaman bagi pejalan, tetapi di sisi lain menimbulkan dampak lalu lintas dan sosial.
"Penataan Malioboro secara bertingkat, yakni tingkat bawah tanah untuk arus terus menerus dan parkir, sedangkan tingkat atas untuk pedestrian dengan tetap memberikan akses ke Gedung Agung jika ada tamu negara.
Hal itu diharapkan bisa menjadi solusi persoalan tersebut," katanya.
Menurut dia, penggunaan sistem transportasi cerdas atau "intelligent transport system" perlu ditingkatkan untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas di Yogyakarta.
"Belum lama ini telah diresmikan `Area Traffic Control System` (ATCS) yang dapat mengatur beberapa simpang dari ruang kontrolnya. Sistem itu dapat memberikan panduan bagi angkutan umum Trans-Jogja," katanya.











7
BAB II
PEMBAHASAN
Berikut beberapa faktor yang kemungkinan besar menyebabkan kemacetan di Jogja semakin meluas:
  1. Pertumbuhan jumlah penduduk
Tak bisa kita pungkiri pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin meningkat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemacetan yang ada di Jogja. Banyak lulusan-lulusan sarjana yang memilih untuk tetap tinggal dan mencari kerja di Jogja dikarenakan sudah betah dan nyaman berada di Kota ini. Selain itu semakin banyak pula hotel – hotel dan pusat perbelanjaan yang mulai di bangun yang menggambarkan semakin pesat pertumbuhan di DIY saat ini.
  1. Jalan Raya
Jalan raya yang tidak memadai juga merupakan faktor kemacetan. Banyaknya kendaraan tak selebar/tak sebesar jalan raya sehingga mengakibatkan overload. Sehingga volume kendaraan melebihi kapasitas/daya tampung jalan raya.
  1. Parkir dan penjual makanan lesehan yang ada di bahu jalan
Parkir dan penjual makanan yang memakan bahu jalan juga dapat dikatakan salah satu penyebab kemacetan. Jalan yang lebarnya berkurang/menyempit akibat digunakan untuk berjualan dan lahan parkir sehingga mengakibatkan kemacetan lalulintas.
  1. Kendaraan pribadi
Di Jogja membeli motor secara kredit sangatlah mudah. Kita hanya cukup membayar DP 10-15% dari harga asli motor, setelah itu motor dapat dibawa pulang. Tak hanya itu, mobil pribadi juga menyumbang kemacetan.
8
Kita sering melihat banyak mobil pribadi yang hanya diisi oleh 1 orang saja, yakni supir tanpa penumpang. Hal tersebut merupakan pemborosan yang berkontribusi meningkatkan kemacetan di Jogja.
  1. Kendaraan Umum
Kendaraan umum yang terkadang ngetem di sembarang tempat dalam kurun waktu lumayan lama juga penyumbang kemacetan. Jumlah  kendaraan umum serta kondisi maupun fasilitas kendaraan yang kurang memadai juga mengakibatkan konsumen lebih memilih kendaraan pribadi ketimbang kendaraan umum.
  1. Manusia
Yang terakhir adalah manusia selaku pengguna jalan. Perilaku pengguna jalan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kontribusi kamecetan yang ada di Jogja. Pengguna jalan khususnya roda 2 sering ugal-ugalan dan mementingkan dirinya sendiri dengan saling serobot, arogan, melawan arus, tak mau mengalah serta tak peduli bahwa manuvernya dapat membahayakan keselamatan  pengguna kendaraan lain. Petugas pengatur jalan juga belum mampu mengendalikan kemacetan yang ada. Malah beberapa petugas ini hanya duduk dan melihat dari dalam pos mereka tanpa ada tindakan. Jika setiap pengendara saling menghormati dan tertib saat berkendara kemungkinan besar kemacetan dapat dihindari, setidaknya berkurang.
Namun dari beberapa faktor penyebab kemacetan yang timbul di Jogja kita bisa melihat segi positif dari hal tersebut. Contohnya adalah pembangunan hotel dan pusat perbelanjaan/mall yang sedang gencar dibangun di Jogja saat ini, banyak menyerap SDM yang ada di Jogja sehingga mengurangi pengangguran. Banyaknya hotel yang mulai dibangun juga mengindikasikan semakin meningkatnya wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan otamatis menambah pemasukan Pemerintah DIY. Mungkin Pemerintah harus lebih jeli dalam mengatasi hal kemacetan ini. Sebab keseimbangan pembangunan mutlak diperlukan.

9
Perbaikan angkutan umum dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas di Yogyakarta.
Pengertian Komunikasi Pemasaran
Terence A. Shimp (2003: 4) mendefinisikan ”Komunikasi pemasaran” adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran”. Komunikasi pemasaran juga dapat dipahami dengan menguraikan dua unsur pokoknya, yaitu komunikasi dan pemasaran. Komunikasi adalah proses pemikiran dan pemahaman yang disampaikan antar individu atau antara organisasi dengan individu.

Pemasaran adalah sekumpulan kegiatan dimana perusahaan dan organisasi lainnya mentransfer nilai-nilai (pertukaran) antara mereka dengan pelanggannya. Komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual. Selain itu juga merupakan kegiatan yang membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik.

Bentuk-Bentuk Utama dari Komunikasi Pemasaran
Pemasar modern memerlukan lebih dari sekedar mengembangkan produk yang baik, menetapkan harga yang menarik, dan membuatnya dapat terjangkau. Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan sekarang dan yang akan datang, serta masyarakat umum. Setiap perusahaan mau tidak mau harus terjun sebagai komunikator dan promotor.
Menurut Terence A. Shimp (2003) bentuk-bentuk utama dari komunikasi pemasaran meliputi:
1. Penjualan perorangan (personal selling)
Personal selling adalah bentuk komunikasi pemasaran antar individu dimana tenaga penjual/ wiraniaga menginformasikan, mendidik dan melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk membeli produk/ jasa perusahaan. Usaha penjualan ini disederhanakan dengan memberikan diskon perkenalan kepada pengecer dan meyakinkan mereka melalui iklan, pemberian contoh produk secara cuma-cuma dan kupon yang dapat mendongkrak penjualan.

10
2. Iklan (advertising)
Iklan merupakan komunikasi massa melalui surat kabar, majalah, radio, televisi dan media lain (billboard, internet, dan sebagainya), atau komunikasi langsung yang didesain khusus untuk pelanggan antar bisnis (business-to-business) maupun pemakai akhir.
Kedua bentuk komunikasi ini dibiayai oleh sponsor tertentu (si pengiklan), tetapi dikategorikan sebagai komunikasi massa (non personal) karena perusahaan sponsor tersebut secara simultan berkomunikasi dengan penerima pesan yang beraneka ragam, bukan kepada individu tertentu/ personal atau kelompok kecil. Iklan langsung (direct advertising), biasa disebut pemasaran berdasarkan data base marketing, telah mengalami pertumbuhan pesat akibat efektifitas komunikasi yang terarah serta teknologi komputer yang memungkinkan hal itu terjadi.

3. Promosi penjualan (sales promotional)
Promosi penjualan terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya pembelian dalam waktu yang singkat. Promosi penjualan yang berorientasi perdagangan memberikan berbagai jenis bonus untuk meningkatkan respon dari pedagang besar dan pengecer. Promosi penjualan berorientasi konsumen menggunakan kupon, kontes/ undian, potongan harga setelah pembelian dan lain-lain.

4. Pemasaran sponsorship (sponsorship marketing)
Pemasaran sponsorship adalah aplikasi dalam mempromosikan perusahaan dan merek mereka dengan mengasosiasikan perusahaan atau salah satu dari merek dengan kegiatan tertentu.

5. Publisitas (publicity)
Publisitas biasanya dilakukan dalam bentuk berita atau komentar editorial mengenai produk atau jasa dari perusahaan. Bentuk-bentuk ini dimuat dalam media cetak atau televisi secara gratis karena perwakilan media menganggap informasi tersebut penting dan layak disampaikan kepada khalayak mereka.
Dengan demikian publisitas tidak dibiayai oleh perusahaan yang mendapatkan manfaatnya.
11

6. Komunikasi di tempat pembelian (point-of-purchase communication)
Komunikasi di tempat pembelian melibatkan peraga, poster, tanda dan berbagai materi lain yang didesain untuk mempengaruhi keputusan untuk membeli di tempat pembelian. Secara ringkas manajer komunikasi pemasaran mempunyai berbagai alat komunikasi yang dapat mereka gunakan. Pentingnya alat-alat ini dan aplikasinya secara spesifik tergantung kepada situasi yang harus dihadapi suatu perusahaan dalam suatu perusahaan.
Seluruh usaha komunikasi pemasaran diarahkan kepada pencapaian satu atau lebih tujuan. Menurut Terence A. Shimp (2003: 160) tujuan-tujuan komunikasi pemasaran tersebut antara lain:
1. Membangkitkan keinginan terhadap kategori produk.
Pada akhirnya, setiap organisasi pemasaran bertujuan untuk meraih konsumen agar memilih produknya dan bukan produk pesaingnya.

2. Menciptakan kesadaran akan merek.
Setelah keinginan akan suatu kategori produk tercipta, para pemasar bersaing satu sama lain untuk mendapatkan bagian dari jumlah total pengeluaran konsumen, setiap pemasar berusaha menciptakan permintaan sekunder untuk merek tertentu mereka.

3. Mendorong sikap positif dan mempengaruhi niat membeli.
Setiap pemasar perlu mengarahkan usaha mereka pada penciptaan kesadaran akan merek dan mempengaruhi sikap serta niat positif akan merek.

4. Memfasilitasi Pembelian.
Iklan yang efektif, dispay yang menarik di dalam toko, serta variabel pemasaran lainnya berfungsi untuk memfasilitasi pembelian dan memberikan solusi atas persoalan yang ditimbulkan oleh variabel bauran pemasaran non promosi (produk, harga, dan distribusi).


12
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan

Marketing Communication ( Komunikasi Pemasaran ) adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan meningkatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merk yang mereka jual
Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.
Maka, kesimpulan saya adalah apabila kemacetan di kota Yogyakarta tidak segera ditangai dengan sungguh-sungguh, maka akan berdampak buruk di masa mendatang pada masalah lalu lintas kota. Perlunya peningkatan dalam penggunaan sistem transportasi cerdas atau "intelligent transport system". Perlunya penataan yang baik di kota wisata ini. Pelayanan Bus Trans Jogja perlu dioptimalkan dengan adanya `Area Traffic Control System` (ATCS) yang dapat mengatur beberapa simpang dari ruang kontrolnya
Saran
Kebijakan ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Yogyakarta sebagai kota besar di Indonesia dan juga sebagai kota tujuan wisata domestic maupun manca.
a.    Memperbaikan angkutan umum sangatlah perlu, demi kenyamanan para pengunjung.
b.    Pelayanan Bus Trans Jogja harus lebih optimal dengan adanya ‘Area Traffic Control System’(ATCS)
c.    Perlu dilakukan penambahan beberapa kantong parkir untuk menampung kendaraan yang ada.
d.    Lebih ditingkatkan penggunaan sistem transportasi cerdas atau "intelligent transport system"



2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  2. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus