Kamis, 22 Oktober 2015

Belajar Pengantar Ekonomi Mikro

  1.  Pernyataan yang benar mengenai definisi ilmu ekonomi Distribusi barang-barang ekonomi yang merata merupakan tujuan sebagian besar sistem ekonomi.
  2. Pernyataan yang paling dekat berhubungan dengan definisi Paul Samulseon bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang mengapa sumber daya produktif langka.
  3.  Kualifikasi yang dimiliki oleh semua barang ekonomi adalah kelangkaan.
  4. Sumber daya yang terbatas dan permintaan yang tidak terbatas secara serentak memaksa perekonomian memproduksi dalam batas kemungkinan produksi.
  5. Dari hal -hal yang merupakan modal seperti istilah yang umum digunakan oleh ahli-ahli ekonomi adalah mesin jahit.
  6. Pemilik kapital (modal) menerima balas jasa dalam bentuk bonus.
  7. Dalam ekonomi pasar bebas, masalah pokok tentang apa dan berapa banyak yang harus diproduksi selalu terjawab untuk kepuasan masyarakat tanpa campur tangan pemerintah.
  8. Pertanyaan untuk siapai barang-barang diproduksi, menanyakan bagaimana pendapatan harus dibagi di antara para anggota masyarakat.
  9. Pembayaran pensiun, pemberian beasiswa, serta pembayaran tunjangan-tunjangan sosial lain merupakan bagian jawaban persoalan ekonomi pokok bagaimana produksi seharusnya diorganisasi.
  10. Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah mengadakan campur tangan untuk mempengaruhi jawaban atas pertanyaan ekonomi pokok, yaitu haruskah pemerintah memproduksi barang-barang vital.
  11. Fakta dalam ilmu ekonomi meliputi gambaran yang relevan tentang suatu aspek masalah ekonomi.
  12. Teori ekonomi adalah pernyataan yang telah diuji secara ilmiah kebenarannya.
  13. Cara penyajian teori berbentuk uraian verbal, tabel angka, persamaam matematis, atau grafik.
  14. Model kesimbangan pasar parsial dikemukakan oleh Walras dan dibantah oleh Marshall dengan mengemukakan paradoks air-berlian.
  15. Hukum permintaan menunjukkan hubungan antar dua variabel, yaitu antara harga dan jumlah barang yang diminta.
  16. Induksi berarti berasal dari premis-premis atau dalil-dalil umum lalu ditarik kesimpulan khusus.
  17. Induksi adalah proses perumusan teori dari serangkaian pengamatan.
  18. Hipotesis mempunyai arti syarat-syarat berlakunya teori.
  19. Peranan asumsi dalam teori ekonomi adalah menyederhanakan dan memfokuskan teori tersebut.
  20. Asumsi ceteris paribus teori ekonomi adalah semua hal-hal yang lain tetap sama tak berubah.
  21. Unsur-unsur yang ada pada sistem ekonomi pasar di samping pemilikan pribadi adalah kebebasan berusaha, kepentingan pribadi, dan persainagn yang mencakup transaksi di pasar.
  22. Kebebasan berusaha menimbulkan persaingan di pasar diantara produsen . . . . mengakibatkan mereka bekerja keras dan efisiensi hingga bisa menurunkan biaya dan menjual dengan harga lebih murah. 
  23. Kelangkaan sumberdaya ekonomi di suatu perekonomian  . . . . akan menurunkan pemakaian dalam proses produksi dan menggantinya.
  24. Dalam perekonomian pasar bebas , masalah apa, bagaimana dan untuk siapa diselesaikan  . . . . dengan mekanisme harga pasar.
  25. Tangan gaib Adam Smith berarti  . . . . masyarakat dituntun lewat kepentingan  pribadi masing-masing untuk menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang diinginkan dan digunakan oleh masyarakat.
  26. Pengertian tangan gaib Adam Smith berkaitan dengan pengertian peranan . . . . persaingan bebas dalam mengatur jalannya roda perekonomian.
  27. Tangan gaib Adam Smith berarti . . . . persaingan dan kebebasan berusaha seerta kepentingan pribadi akan menentukan situasi (keadaan) alokasi sumberdaya secara optimal.
  28. Dalam pasar faktor-faktor produksi pada skema aliran melingkar . . .  uang ditukar dengan dengan jasa faktor-faktor produksi tanah, tenaga kerja dan modal keuangan.
  29. Menurut skema aliran meningkat sederhana . . . . sektor rumah tangga menerima pendapatan dari penjualan sumber daya (faktor-faktor produksi) yang dimiliki.
  30. Jika Anda adalah seorang pekerja dan juga merupakan konsumen rumah tangga, maka Anda . . . . pembeli di pasar output dan pembeli di pasar faktor produksi.
  31. Hukum permintaan menunjukkan ada hubungan . . . . kebalikan antara harga barang dan jumlah barang yang diminta per satuan waktu.
  32. Variabel harga barang akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta akan suatu komoditi. Variabel harga yang juga mempengaruhi jumlah barang yang diminta adalah . . . harga barang-barang lain, substitusi ataupun komplementer.
  33. Manakah dari hal-hal berikut menyebabkan penurunan permintaan barang X ? Kenaikan harga
  34. Dalam menggambarkan kurva penawaran seorang petani akan komoditi hasil pertanian , manakah dari hal-hal berikut yang tidak dianggap konstan ? Harga komoditi yang sedang diperdagangkan.
  35. Kurva penawaran seorang produsen yang berlereng positif menunjukkan . . . pada harga lebih tinggi produsen akan memproduksi dan menawarkan lebih banyak.
  36. Manakah dari hal-hal berikut yang menaikkan penawaran suatu barang ? Kenaikan harga tersebut.
  37. Penurunan penawaran mengakibatkan . . .  kenaikan harga.
  38. Dari hal -hal berikut, manakah yang menyebabkan harga dan kuantitas suatu barang yang dipertukarkan di pasar naik ? Permintaan naik.
  39. Menurut hukum permintaan dan penawaran, kekurangan barang akan terjadi bila harga aktual di pasar . . . . di bawah harga keseimbangan dan menyebabkan kuantitas diminta lebih besar daripada kuantitas ditawarkan.
  40. Manakah dari hal-hal berikut menyebabkan kenaikan harga suatu barang, sementara kuantitas yang dipertukarkan di pasar turun? Penawaran turun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar