Kamis, 08 Oktober 2015

TUGAS KULIAHKU - 3

KOMUNIKASI BISNIS
Diskusi 6

Rapat bisnis merupakan salah satu bentuk dari komunikasi bisnis... coba teman2 MHS diskusikan manfaat dan tujuan dari rapat bisnis pada suatu organisasi bisnis...

Jawaban Saya :
Manfaat dan Tujuan dari Rapat Bisnis pada Suatu Organisasi Bisnis
Manfaat Rapat
Manfaat rapat pada suatu organisasi bisnis diantaranya untuk menjalin komunikasi yang baik antara bawahan dengan atasannya dan sebaliknya, tempat untuk memecahkan masalah dalam organisasi bisnis, memberikan kesempatan kepada seluruh anggota untuk berpartisipasi dalam pengambilan suatu keputusan suatu masalah yang sedang dihadapi.
Tujuan Rapat
Beberapa tujuan diadakannya rapat bisnis, yaitu :
  1. Untuk memecahkan atau mencari jalan keluar suatu masalah bisnis.
  2. Untuk menyampaikan informasi, perintah, pernyataan  bisnis.
  3. Sebagai alat koordinasi antar intern atau antar ekstern organisasi bisnis.
  4. Agar peserta rapat dapat ikut berpartisipasi kepada masalah-masalah organisasi bisnis.
  5. Mempersiapkan suatu acara atau kegiatan organisasi bisinis.
  6. Menampung semua permasalahan dari arus bawah (para peserta rapat) dalam organisasi bisnis.
AUDIT SDM
Diskusi 6

Dalam sebuah proses audit salah satu perusahaan otomotif, didapati temuan bahwa beberapa orang mekanik di divisi service dan sparepart tergolong underperformance dari aspek skill-nya. Jika Anda ada di posisi manajemen, apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? 
Jawaban Saya :

Jika saya berada posisi manajemen, yang akan saya lakukan untuk mengatsai masalah tersebut antara lain :
  1. Memberika  upah/gaji yang layak.
  2. Memberikan posisi yang tepat kepada karyawan tersebut.
  3. Bersikap empati.
  4. Bersikap bijaksana dalam memutuskan suatu hal kepada mereka.
  5. Menjalin komunikasi yang baik
PENGANTAR EKONOMI MIKRO
Diskusi 6
Berikan pendapat Anda, apakah struktur pasar monopoli benar-benar ada di dunia nyata? Silakan kemukakan pendapat Anda, jika ya berikan contohnya dan jika tidak jenis pasar apa yang sering ditemuai di dunia nyata.
Jawaban Saya :

Struktur pasar monopoli ada di dunia nyata.
Contoh Produk microsoft windows, perusahaan listrik negara(PLN), perusahaan kereta api (PT.KAI).
Ciri utama pasar ini adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak. Ciri lainnya adalah tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis, dan adanya hambatan yang sangat besar untuk dapat masuk ke dalam pasaaar.
Hambatan itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Perusahaan monopolis akan berusaha menyulitkan pendapatan baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan beberapa cara ; salahsatu diantaranya adalah dengan cara menetapkan harga serendah mungkin.
Dengan menetapkan harga ke tingkat yang paling rendah, perusahaan monopoli menekan kehadiran perusahaan baru yang memiliki modal kecil. Perusahaan baru tersebut tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan monopoli yang memiliki kekuatan pasar,image produk, dan harga murah , sehingga lama kelamaan perusahaan tersebut akan mati dengan sendirinya.
Cara lainnya adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak ekslutif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopolis sebagai satu-satunya produsen dipasar.
Ciri-ciri pasar monopoli :
1. Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran.
2. Tidak ada barang subtitusi/ pengganti yang mirip (close substitute)
3. Produsen memiliki kekuatan menentukan harga
4. Tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.

 apa peran pemerintah dalam pasar monopoli?

Jawaban Saya :


Peran Pemerintah dalam Pasar Monopoli
Pemerintah memiliki peran yang cukup penting di dalam pasar monopoli. Apabila pasar monopoli memproduksi sedikit barang, tentu harga yang ditawarkan cukup tinggi. Dalam kasusu ini sangat dibutuhkan peran pemerintah, yaitu untuk menyetabilkan harga dan meringankan beban para konsumen untuk memperoleh barang yang dihasilkan pasar monopoli tersebut.
Cara yang digunakan pemerintah untuk menyetarakan harga di pasar monopoli, antara lain dengan memberikan subsidi. Cara lain yang dapat dilakukan pemerintah didalam usaha untuk menetapkan harga yang wajar dan jumlah penawaran barang yang mencakupi adalah menetapkan harga pada tingkat dimana harga sama dengan biaya rata-rata.

STATISTIKA EKONOMI
Diskusi 4



Sebuah grosir beras ingin mengetahui perubahan nilai penjualan beras selama 5 tahun terakhir, sedangkan data penjualan yang dimilikinya sebagai berikut :


Hitunglah perkembangan perubahan penjualan setiap tahunnya.

Jawaban Saya :



 
Berdasarkan perkembangan nilai penjualan beras sebagai berikut :
Ø Tahun 2004 sebagai tahun dasar diberi nilai 100.  
Ø Tahun 2005 angka indeks 83,33 berarti nilai penjualan turun sebesar 16,67% dari nilai penjualan pada tahun 2004. 
Ø Tahun 2006 angka indeks 116,6 berarti nilai penjualan naik sebesar 16,6% dari nilai penjualan pada tahun 2004.
Ø Tahun 2007 angka indeks 133,3 berarti nilai penjualan naik sebesar 33,3% dari nilai penjualan pada tahun 2004.
Ø Tahun 2008 angka indeks 141,6 berarti nilai penjualan naik sebesar 41,6% dari nilai penjualan pada tahun 2004




Pembahasan :
Karena sebagai tahun dasar, oleh karena pada tahun 2004 diberi nilai ( angka  indeksnya) adalah 100.
Kemudian pada tahun 2005, total nilai penjualannya adalah 250 ( dalam jutaan rupiah). Sehingga total penjualan tahun ini per nilai penjualan sebelumnya dikalikan 100%. Sehingga diperoleh nilai angka indeksnya, yaitu 83,33.( nilai penjualan turun)

Kemudian pada tahun 2006, total nilai penjualannya adalah 350 ( dalam jutaan rupiah). Sehingga total penjualan tahun ini per nilai penjualan   sebelumnya dikalikan 100%. Sehingga diperoleh nilai angka indeksnya,yaitu 116,6.( nilai penjualan naik)
 
Kemudian pada tahun 2007 , total nilai penjualannya adalah 400 ( dalam jutaan rupiah). Sehingga total penjualan tahun ini per nilai penjualan   sebelumnya dikalikan 100%. Sehingga diperoleh nilai angka indeksnya,yaitu 133,3 (nilai penjualan naik).

  Kemudian pada tahun 2008 , total nilai penjualannya adalah 425 ( dalam jutaan rupiah). Sehingga total penjualan tahun ini per nilai penjualan   sebelumnya dikalikan 100%. Sehingga diperoleh nilai angka indeksnya, yaitu 141,6 (nilai penjualan naik)..

  Diskusi 5
 Sebutkan peranan indekx harga dalam ekonomi !
Jawaban Saya 
Peranan Indeks Harga dalam Ekonomi
Tingkat pendapatan sangat mempengaruhi besar kecilnya perubahan yang terjadi yang terjadi pada kegiatan produksi, dalam kegiatannya dalam usaha menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan. Tingkat pendapatan dapat berpengaruh terhadap perubahan yang terjadi pada sisi konsumsi dalam kaitannya dengan kemampuan membeli (memperoleh) barang dan jasa.
Kedua hal tersebut, dapat kita ketahui dengan cara membandingkan harga-harga yang terjadi pada periode lain. Dengan demikian, dalam kegiatan ekonomi indeks harga dalam ekonomi dapat bermanfaat :
  • Indeks harga dapat digunakan pemerintah sebagai alat untuk menetapkan kebijakan-kebijakan harga di masa yang akan datang. Kebijakan tersebut bertujuan agar tidak terjadi penetapan harga yang sewenang-wenang oleh produsen dan dapat menyebabkan terjadinya kondisi tidak seimbang antara harga barang atau jasa yang harus dibayar dan kemampuan membeli konsumen.
  • Indeks harga dapat dijadikan sebagai dasar perbandingan dalam mengukur tingkat kemajuan ekonomi sekarang dengan masa sebelumnya.
  • Indeks harga dapat dijadikan dasar untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat kemajuan ekonomi.
  • Indeks harga dapat dijadikan dasar dalam menetapkan pola-pola kebijakan ekonomi secara keseluruhan dan kebijakan moneter.
Indeks harga merupakan barometer kondisi ekonomi secara umum. Dengan indeks harga , para pemimpin atau manager dapat mengolah data-data yang ada sehingga dapat mengetahui perkembangan usaha atau kegiatan usaha yang dilakukan.
Sebagai contoh  :
a.) Indeks harga pada bahan baku kedelai sebagai salah satu bahan produksi tempe. Mempengaruhi produktivitas, tingkat minat dimasyarakat dalam mengkonsumsi produk tersebut, dsb.
b) Indeks harga pada bahan baku untuk memproduksi makanan dari kulit sapi (rambak), akan mempengaruhi produktivitasnya pula.
Selamat siang teman2
Mohon dibantu dijawab ada banyak sekali metode perhitungan indeks. Metode manakah yang paling sering dan umum digunakan ?

Jawaban Saya

Metode Perhitungan Indeks yang paling sering dan umum digunakan
Metode Perhitungan indeks yang umum digunakan sering atau paling umum yaitu seperti perhitungan pada beras, penjualan meubel, penjualan mobil dan sebagainya.
Angka Indeks Sederhana
1. Indeks Harga Tidak Tertimbang dengan Metode Agregatif Sederhana
  • Angka Indeks Harga (P=Price)
          IA =  Î£ Pn x 100
                  ∑Po
Ketrangan
IA : Indeks hargayang tidak ditimbang
Pn : Harga yang dihitung nilai indeksnya
Po : Harga pada tahun dasar
  • Angka Indeks Kuantitas (Q=Quantity)
         IA = Σ Qn x 100
               Σ Qo
Keterangan
IA : Indeks kuantitas yang tidak ditimbang
Qn : kuntitas yang akan dihitung angka indeksnya
Qo : kuantitas pada tahun dasar
  • Angka Indeks Nilai ( V=Value)
          IA = Σ Pn . Qn  x 100                       
                Σ Po . Qo
                        atau                            IA = Σ Vn  x 100
                                                                Σ Vo
Keterangan
IA : angka indeks nilai
Vn : nilai yang dihitung angka indeksnya
Vo : nilai pada tahun dasar
Contohkasus :

Beberapahargakebutuhanpokoksebagaiberikut :
—————————————————————-
Jenis     HargaTahun 2003    HargaTahun 2004
barang              (Po)                              (Pn)
—————————————————————
Beras              3.000                             4.000
Terigu            7.000                             8.000
Gula              10.000                             8.000
————————————————————
∑Po = 20.000                ∑Pn = 20.000
————————————————————
jika tahun 2003 dianggap tahun dasar maka angka indek tahun 2003 adalah 100. sedangkan angka indek tahun 2004 secara agregatif daapt dicari sebagai berikut :
20.000
Pn = ———— x 100%
20.000
Pn = 1 x 100%
Pn = 100%,
jadi angka indek tahun 2004 adalah 100%.

DISKUSI 5
  1. Penduduk Lampung pada tahun 2007 adalah 6,7 juta jiwa dan pada tahun 2008 adalah 7,1 juta jiwa. Berapakah indeks penduduk Lampung untuk periode dasar 2008 dan periode dasar 2007 ?

1. 2007 = 6,7 juta jiwa
   2008 = 7,1 juta jiwa
  • Periode dasar 2007
          Indeks penduduk 2007
          6,7 Jt x 100% = 100%
          6,7 Jt
          Indeks penduduk 2008
          7,1 Jt x 100% = 105,97%
          6,7 Jt
         Kenaikan = 105,97 % - 100% = 5,97 %
  • Periode dasar 2008
          Indeks penduduk 2008
         7,1 Jt x 100% = 100 %
         7,1 Jt
         Indeks penduduk 2007
         6,7 Jt x 100% = 94,37 %
        7,1 Jt
        Kenaikan = 94,37% - 100% = 50,63%

Diskusi 6



Disebuah perusahaan sepatu , omzet rata-rata perbulan mencapai 150 pasang, simpangan baku 15
a)    Berapa besar probabilita bahwa bila diambil sebuah cuplikan acak sebanyak 25 orang pembeli akan diperoleh rata-rata omzet diatas 160 pasang ?
b   b)   Bila diambil seorang pembeli secara acak akan diperoleh rata-rata omzet diatas    160 ?
    Jawaban Saya :



SOAL
Disebuah perusahaan sepatu , omzet rata-rata perbulan mencapai 150 pasang, simpangan baku 15
a)    Berapa besar probabilita bahwa bila diambil sebuah cuplikan acak sebanyak 25 orang pembeli akan diperoleh rata-rata omzet diatas 160 pasang ?
b)   Bila diambil seorang pembeli secara acak akan diperoleh rata-rata omzet diatas    160 ?
Jawaban Diskusi  6
Teori  limit sentral mengatakan :
E ( (x̄ )      = µ
               =

Pr  (x̄  > 160)= Pr (  ) = (  ) =  = 3,33
Pr  (X) = 3,33⇨ lihat table distribusi normal Z = 0,4995
Pr  ( x̄ > 160) = 0,5 – 0,4995= 0,0005

b)
Pr  ( x̄ > 80) = Pr (  ) =  =  = 0,66
Pr ( Z > 0,2454 ) = 0,5 – 0,2454 = 0,2546





Tidak ada komentar:

Posting Komentar