Minggu, 11 Oktober 2015

TUGAS 3 STATISTIKA EKONOMI



TUGAS 3
Statistika Ekonomi


Pengantar
Saudara mahasiswa sekalian, bersama ini saya sampaikan tugas 1 Statistika Ekonomi, mohon dikerjakan dengan seksama, dan pengerjaan tugas ini merupakan nilai yang akan kami perhitungkan pada nilai Tuton. Jadi harus Anda kerjakan.


Soal:
1.     a)  Apa yang dimaksud dengan cuplikan
b)  Apa yang dimaksud dengan cuplikan acak?

2.      Dari Populasi mahasiswa Fakultas Ekonomi UT diketahui nilai rata-rata matakuliah Pengantar Bisnis adalah 75 dan ternyata simpangan bakunya adalah 7.
a)   Berapa besar probabilitanya apabila diambil sebuah cuplikan acak sebanyak 100 mahasiswa diperoleh nilai rata-rata lebih besar dari 80?
b)  Berapa besar probabilita bahwa seorang mahasiswa yang diambil secara acak mendapat nilai lebih besar dari 80?

3.      Dari sebuah cuplikan acak (random sampel) diketahui bahwa simpangan baku sebesar 9. Cuplikan acak ini terdiri dari 90 ibu-ibu rumah tangga . Rata-rata pengeluaran belanja setiap harinya adalah Rp 35.000,00. Anda diminta untuk membuat dugaan rentang dengan derajat kepercayaan 95%.

4.      Apabila diketahui bahwa rata-rata pengeluaran untuk transportasi karyawan ke kantor dari sebuah perusahaan adalah  = 15.000  dengan standar deviasi = 2000. Anda diminta untuk
a)     Menyusun hipotesa secara formal
b)     Menghitung Z observasi
c)     Menarik kesimpulan


--------------- Selamat Belajar ---------------

JAWABAN TUGAS 3 STATISTIKA EKONOMI

1.       a) Cuplikan acak adalah sebagian anggota populasi yang terpilih untuk diteliti. Sifat – sifat cuplikan hendaknya bias mewakili sifat – sifat populasi. Agar cuplikan memberi hasil yang tak bias maka cuplikan haruslah diambil / dilakukan secara acak. Cara paling sederhana untuk memastikan bahwa cuplikan kita bersifat acak, kita beri setiap anggota populasi kesempatan yang sama besar untuk diambil sebagai anggota populasi kesempatan yang sama besar untuk diambil sebagai anggota cuplikan.
b) Cuplikan acak adalah hasil pengamatan sebagian anggota populasi tempat diterapkan prinsip bahwa setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk diambil sebagai anggota cuplikan. Dalam praktek sifat acak dilakukan dengan system lotere. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Ø  Mencatat anggota populasi dalam satu kertas ( kecil ) , digulung , dimasukkan dalam satu tempat misal stopples.
Ø  Kemudian, kita tentukan anggota cuplikannya , dengan cara mengambil satu persatu gulungan kertas tadi sampai jumlah tertentu.
2.      Diketahui :
X         =   80
µ          =   75
σ          =    7
n          = 100

a)       
E( = µ
σ       =       σ
                        
Pr
    E ( (x̄ )   = µ
               =


Pr  ( X  > 80)= Pr (  ) = (  ) =  = 7,14

Pr   = 7,14 ⇨ lihat table distribusi normal Z =
Pr  ( x̄ > 80) = tidak ketemu.


b)  Pr  ( > 80) = Pr (  ) =  =   = 0,71
          Pr ( Z > 0,2388 ) = 0,5 – 0,2388 = 0,2612


3.     n        = 90
       = 9
µ =  ± 1,96 .       sementara       =
µ = 35000  ± (1,96) .     35000 ±  1,84  
  35000 < µ < 64

4.       

5 komentar: